• 6 Jul 2021
  • cipto
  • 0

PEMERIKSAAN PENDENGARAN TELINGA BERDENGING DAN ALAT BANTU DENGAR

Oleh : Agit Dwi Hidayat, S.E., A.Md.Kes.

Banyak sekali penyebab terjadinya gangguan pendengaran, seperti yang telah dibahas sebelumnya pada atikel Seri Pemeriksaan Pengengaran. Namun, setiap permasalahan pada kesehatan pendengaran memiliki pemeriksaan khusus. Pemeriksaan tersebut dapat anda akses kembali di (https://www.rsproklamasi.co.id/pemeriksaan-pendengaran-dewasa/) untuk pemeriksaan pendengaran dewasa dan juga (https://www.rsproklamasi.co.id/pemeriksaan-pendengaran-anak/) untuk pemeriksaan pendengaran anak. Dan kali ini kita akan membahas mengenai pemeriksaan telinga berdenging dengan tes psikoakustik atau tes tinitus.

Rumah Sakit THT Bedah KL proklamasi merupakan pilihan yang tepat untuk memeriksakan pendengaran anda karena di Rumah Sakit Khusus THT-Bedah KL Proklamasi memiliki fasilitas Audiology Center. Audiology Center merupakan  unit untuk melakukan evaluasi gangguan pendengaran. Disana akan dilakukan berbagai pemeriksaan yang disesuaikan dengan kasus maupun kebutuhan yang diperlukan untuk penegakkan diagnosis pasien.

Menurut Mc Fadden, telinga berbunyi atau yang lebih dikenal dengan istilah tinitus merupakan kondisi dimana sesorang merasa adanya sensasi bunyi ditelinga atau dikepala tanpa adanya stimulus bunyi dari luar. Pengalaman mendengar bunyi di kepala/telinga secara sadar, sumber tak diketahui.

Sebenarnya diskripsi dari tinitus cukup beragam, antara lain : berdenging , berdengung, berderik, berdesis, bersiul, bergumam, high pitch (+),  > 3000 Hz. Pengukuran tinitus meliputi 4 tahapan, yaitu:

  • Mengukur Intensitas (kekerasan)
  • Frekuensi (jenis bunyi)
  • Minimum Masking Level ( bunyi angin terkecil yang dapat mengalihkan tinitus yang ada telinga)
  •  Residual Inhibition (pasien akan ditanya apakah ada perbedaan tinitus yang dirasakan setelah pemberian masking/angin dihentikan, biasanya pemberian suara angin selama kurang lebih 1- 2 menit).

Pemeriksaan ini dilakukan dengan tujuan sebagai berikut :

  • Membedakan apakah tinitus yang dialami pasien adalah sentral atau perifer.
  • Menentukan terapi yang tepat untuk pasien dengan tinitus.
  • Menilai efisiensi pemasangan tinitus masker.

Demikianlah penjelasan mengenai pemeriksaan telinga berdenging. Setelah melakukan berbagai pemeriksaan, kita kan diberikan pelayanan tertentu, salah satunya alat bantu dengar. Di Audiology Center RS THT Bedah KL Proklamasi juga menyediakan  layanan penjualan alat dan service alat bantu dengar merek tertentu.

Pemasangan alat bantu dengar pada pasien, akan dilakukan berdasarkan dari hasil pemeriksaan agar didapatkan hasil yang sesuai kebutuhan pasien. Saat ini model alat bantu dengar bervariasi, bahkan teknologi terbaru sudah ada yang bisa di recharger dan connect to smartphone.

Selain itu, kami juga menyidakan berbagai Aksesoris Alat Bantu Dengar seperti, baterai dengan berbagai ukuran, cetakan telinga, earplug customade, driying pellet dll.