• 16 Jun 2021
  • cipto
  • 1

PEMERIKSAAN PENDENGARAN

Tak terasa sudah lebih dari satu tahun kita menjalankan aktivitas ditengah pandemi. Pandemi banyak mengubah gaya dan pola hidup. Berbagai kegiatan yang biasanya kita lakukan di luar rumah secara langsung berubah menjadi dilakukan dari rumah secara online. Aktifitas yang dilakukan secara daring ditunjang oleh berbagai media elektronik. Salah satunya earphone.

Intensitas penggunaan earphone menjadi lebih sering dan lebih lama saat sekolah maupun bekerja dari rumah. Menurut anjuran WHO, penggunaan earphone hendaknya tidak lebih dari satu jam dalam sehari. Namun karena kebutuhan daring, membuat seseorang menggunakan alat ini lebih dari durasi yang dianjurkan. Jika kondisi ini dilakukan secara terus-menerus tentunya akan berdampak bagi pendengaran. Dan pada saat pendengaran anda merasa terganggu, segeralah berkonsultasi dengan Dokter.

Salah satu unit di Rumah Sakit Khusus THT-Bedah KL Proklamasi adalah Audiology Center yang merupakan unit untuk melakukan evaluasi gangguan pendengaran.

Pemeriksaan Audiologi sangat beragam, tergantung dari kasus dan kebutuhan yang diperlukan untuk penegakkan diagnosis pasien. Pemeriksaan pendengaran terdiri dari beberapa kelompok yang akan dibahas dalam β€œSeri Pemeriksaan Pendengaran” berikut ini: