• 25 Mar 2021
  • proklamasi
  • 0

PERAN TERAPI OKSIGEN HIPERBARIK PADA GANGGUAN PENDENGARAN

PERAN TERAPI OKSIGEN HIPERBARIK (TOHB) PADA KASUS GANGGUAN PENDENGARAN (TINITUS dan SUDDEN DEAFNESS)

oleh dr. Kees de Roode

Pernahkah telinga anda secara tiba-tiba seperti tertutup? Atau diawali dengan adanya bunyi yang mengganggu? Mungkin berdenging, berdengung?

Pada kasus gangguan pendengaran, terapi oksigen hiperbarik atau yang dikenal dengan TOHB, memiliki peran sebagai terapi pendukung dari keseluruhan terapi.

Apa itu terapi oksigen hiperbarik? Terapi oksigen hiperbarik merupakan terapi pemberian oksigen dengan kadar 100% di dalam suatu ruangan bertekanan tinggi (hyperbaric chamber). Hiperbarik berasal dari bahasa Yunani, Hyper (tinggi) dan Baros (tekanan). Pada terapi oksigen hiperbarik (TOHB) gas oksigen yang larut akan lebih banyak terjadi di dalam plasma darah (plasma adalah cairan pengangkut sel darah merah), dengan demikian gas oksigen yang mencapai organ yang membutuhkan (target organ) akan menjadi sangat melimpah karena berasal dari sel darah merah sendiri dan sekaligus juga dari plasma darah.

Apakah TOHB aman bagi pasien?

Tentu saja. Setiap pasien yang mengikuti terapi oksigen hiperbarik harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter hiperbarik untuk mendapatkan informasi mengenai penyakit yang diderita serta teknik pelaksanaan terapi yang akan dijalani oleh pasien di dalam ruang hiperbarik. Selama terapi berlangsung, pasien selalu akan didampingi oleh perawat hiperbarik yang bertugas mengawasi pasien sekaligus memenuhi keperluan pasien seperti mengingatkan cara ekualisasi, memasangkan masker oksigen, hingga menenangkan pasien yang mungkin merasa tegang. Ruang hiperbarik akan selalu diperiksa sebelum terapi dan sesudah terapi sehingga dalam kondisi baik, aman, dan selamat untuk digunakan.

Setelah saya mengikuti TOHB apakah saya akan sembuh?

Berdasarkan laporan dari kasus-kasus tinnitus dan sudden deafness di dalam database kami di RS Khusus THT-Bedah KL Proklamasi, variasi angka kesembuhan gangguan pendengaran menunjukkan rentang variasi pemulihan yang cukup lebar, mulai dari 50% pulih hingga 100% pulih, mulai dari selesai terapi dengan pulih sempurna, pulih dengan perbaikan, dan juga tanpa perbaikan. Perbaikan atau bahkan kesembuhan seorang penderita tinitus atau sudden deafness dipengaruhi juga oleh faktor sebagai berikut:

  1. Lama atau durasi dari perjalanan penyakitnya. Bila keluhan ditemukan kurang dari 1 minggu maka kemungkinan capaian pemulihan hingga 100% sangatlah besar.
  2. Telinga yang terkena (salah satu atau kedua telinga).
  3. Faktor pencetus lainnya, seperti stress, gaya hidup yang kurang sehat.
  4. Dan faktor yang juga menentukan adalah usia saat keluhan muncul.

Secara umum perbaikan dapat mulai terlihat antara 5 hingga 10 sesi TOHB pertama.

Silakan melakukan terapi oksigen hiperbarik secara teratur dan sesuai yang disarankan oleh dokter hiperbarik anda. Setiap pasien tidak memiliki respon perbaikan yang sama jadi jangan pernah menyamakan kasus gangguan pendengaran anda dengan pasien lain yang memiliki keluhan serupa. Sekali lagi, selalu berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter spesialis THT anda dan juga dokter hiperbarik anda sebelum melakukan terapi.

Tetap semangat dan selamat terapi!